SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY…JANGAN LUPA BERDOA.

EVALUASI DIRI SEKOLAH

Kondisi sekolah...

Dengan dikeluarkannya Permendiknas no 63 tahun 2009 tentang Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) yang mengharuskan “terbangunnya budaya mutu pendidikan” serta “terpetakannya mutu pendidikan yang rinci pada satuan pendidikan” menjadikan tugas Kepala Sekolah melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah sangat penting.

Dengan melaksanakan EDS ini maka kepala sekolah/madrasah akan lebih dapat melaksanakan kompetensi manajerialnya secara menyeluruh dan bermakna yang akan membantu peningkatan kinerja sekolah – khususnya dalam melihat sejauh manakah sekolah/madrasah telah mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP), serta kekuatan dan kelemahannya sehingga sekolah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) atau Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) berdasarkan keadaan dan kebutuhan nyata mereka.

EDS adalah evaluasi internal yang yang dilaksanakan oleh semua pemangku kepentingan pendidikan (stakeholders) di sekolah untuk mengetahui secara menyeluruh kinerja sekolah dilihat dari pencapaian SPM dan 8 SNP dan mengetahui kekuatan dan kelemahannya secara pasti sehingga akan diperoleh masukan dan dasar nyata untuk membuat RPS/RKS dalam upaya untuk menumbuhkan budaya peningkatan mutu yang berkelanjutan.

Ada beberapa hal penting yang kita perhatikan disini:

  1. Evaluasi yang bersifat internal – dilakukan oleh dan untuk mereka sendiri, bukan dilaksanakan oleh orang lain. Ini adalah evaluasi internal, bukan evaluasi external oleh pihak luar.
  2. Akan mengevaluasi seluruh kinerja sekolah yang akan meliputi aspek-aspek manajerial dan akademis.
  3. Mengacu pada SPM dan 8 SNP yang hasilnya akan membantu program nasional dalam upaya penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan secara umum.
  4. Untuk kepentingan sekolah itu sendiri, bukan untuk perbandingan dengan sekolah sekolah lain atau untuk akreditasi sekolah.
  5. Hasil EDS sebagai bahan masukan dan dasar dalam penulisan RPS/RKS maupun RAPBS/RAKS.
  6. Dilaksanakan minimal setahun sekali oleh semua stakeholder pendidikan di sekolah, bukan hanya oleh kepala sekolah/madrasah saja dengan bimbingan dan pengawasan Pengawas sekolah.

Dari berbagai sumber…

Modul lengkapnya silahkan download di sini :

1. BAHAN AJAR EVALUASI DIRI SEKOLAH  DOWNLOAD DI SINI

2. PANDUAN TEKNIS EVALUASI DIRI SEKOLAH DOWNLOAD DI SINI

3. INSTRUMEN  EVALUASI DIRI SEKOLAH DOWNLOAD DI SINI

4. LAPORAN EVALUASI DIRI SEKOLAH DOWNLOAD DI SINI

About these ads

18 Agustus, 2010 - Posted by | Artikel | ,

45 Komentar »

  1. saya senang melihat blok ini yang menapilkan hal baru bagi kepala sekolah terutama tentang PTS dan EDS

    Komentar oleh herman h | 2 September, 2010

  2. Pengembangan bagi sekolah memang harus di lakukan bagi kita sebagai tenaga kependidikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dan mampu menyamai dengan pendidikan di Negara yang telah maju, dan Indonesia pun tak akan kalah dengan negara yang maju tersebut… tentunya dengan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia….

    oya… mungkin saya bisa minta bantuan untuk dikirimkan modul Diklat Penguatan kepala sekolah, yang akan kami gunakan sebagai acuan penguatan disekolah kami… sebelumnya kami haturkan banyak terima kasih….

    fadliec@yahoo.com

    Komentar oleh Fadly | 5 September, 2010

  3. mohon bantuan bapak untuk mengirimkan modul d DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH, yang akan digunakan sebagai acuan disekolah kami sebelumnya kami haturkan terima kasih….

    Komentar oleh eko budi santoso | 18 September, 2010

  4. mohon bantuan bapak untuk mengirimkan modul EDS, yang akan digunakan sebagai acuan di lingkungan kerja saya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih…. Sukses selalu untuk blog ini.

    Komentar oleh Cecep Aunillah | 21 September, 2010

  5. mohon bantuan bapak untuk mengirimkan modul d DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH, yang akan digunakan sebagai acuan disekolah kami sebelumnya kami haturkan terima kasih….

    Komentar oleh yudha kristianto | 25 September, 2010

  6. mohon kiriman modulnya agar sekolahan saya bisa lebih maju,,,terimakasih

    Komentar oleh M. Syaifudin Almabruri | 29 September, 2010

  7. Adakah format pasti dalam penyusunan eds?

    Komentar oleh Elita Denny | 29 September, 2010

  8. thanks

    Komentar oleh diana irma grace | 30 September, 2010

  9. mohon dikirimi EDS dan PTS

    Komentar oleh busrodin | 30 September, 2010

  10. terima kasih

    Komentar oleh Indah | 4 Oktober, 2010

  11. mohon bantuan dalam penyusunan EDS, tahun lebih rumit dan mendetail

    Komentar oleh pho | 12 Oktober, 2010

  12. Ass.Wr.Wb. Terima kasih, informasi EDS sangat bermanfaat untuk mewujudkan pendidikan berkualitas. Info yang berguna untuk peningkatan kinerja pelayanan dan peningkatan mutu pendidikan.
    Salam Sukses. Wss.Wr.Wb.

    Komentar oleh Endang | 20 Oktober, 2010

  13. terima kasih kalau bisa sya minta dikirim DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH.

    Komentar oleh agus cik | 21 Oktober, 2010

  14. Minta diri untuk menggali ilmu dari blog ini. nuwun

    Komentar oleh Abdul Rozak | 29 Oktober, 2010

  15. Terimakasih atas info EDS-nya, sungguh sangat emmbantu kerja kami di sekolah, apalagi akan digunakan dalam diklat pada 2-4 November 2010 di Talang Kab. Tegal.

    Komentar oleh Nurkhakim SDN Pesayangan 02 Talang Tegal | 30 Oktober, 2010

  16. Terima kasih atas info dalam blog ini pak,..sangat bermanfaat guna peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

    Komentar oleh Moh Taofik Ismail | 30 Oktober, 2010

  17. selamat siang, saya lagi berkunjung ke blog ini, saya belum bisa kasi komentar hanya baca-baca isinya dulu ya

    Komentar oleh syaiful | 30 Oktober, 2010

  18. senang membaca blog ini, tambah wawasan..mkch pak..ws

    Komentar oleh uti royten | 1 November, 2010

  19. trima kasih atas info yang telah diberikan…izin download

    Komentar oleh Ihsan Chandra, S.Pd | 9 November, 2010

  20. trim’s atas info dowloadnya, ini cukup membantu

    Komentar oleh kamaruddin | 11 November, 2010

  21. [...] Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Bagaimana? Dikeluarkannya Permendiknas No. 63 tahun 2009 tentang Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) yang mengharuskan “terbangunnya budaya mutu pendidikan” serta “terpetakannya mutu pendidikan yang rinci pada satuan pendidikan” menjadikan tugas wajib bagi Kepala Sekolah/Madrasah untuk melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah. Dengan melaksanakan EDS ini maka kepala sekolah/madrasah akan lebih dapat melaksanakan kompetensi manajerialnya secara menyeluruh dan bermakna yang akan membantu peningkatan kinerja sekolah – khususnya dalam melihat sejauh manakah sekolah/madrasah telah mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP), serta kekuatan dan kelemahannya sehingga sekolah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) atau Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) berdasarkan keadaan dan kebutuhan nyata mereka. EDS adalah evaluasi internal yang yang dilaksanakan oleh semua pemangku kepentingan pendidikan (stakeholders) di sekolah untuk mengetahui secara menyeluruh kinerja sekolah dilihat dari pencapaian SPM dan 8 SNP dan mengetahui kekuatan dan kelemahannya secara pasti sehingga akan diperoleh masukan dan dasar nyata untuk membuat RPS/RKS dalam upaya untuk menumbuhkan budaya peningkatan mutu yang berkelanjutan. Ada beberapa hal penting yang kita perhatikan disini: 1. Evaluasi yang bersifat internal – dilakukan oleh dan untuk mereka sendiri, bukan dilaksanakan oleh orang lain. Ini adalah evaluasi internal, bukan evaluasi external oleh pihak luar. 2. Akan mengevaluasi seluruh kinerja sekolah yang akan meliputi aspek-aspek manajerial dan akademis. 3. Mengacu pada SPM dan 8 SNP yang hasilnya akan membantu program nasional dalam upaya penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan secara umum. 4. Untuk kepentingan sekolah itu sendiri, bukan untuk perbandingan dengan sekolah sekolah lain atau untuk akreditasi sekolah. 5. Hasil EDS sebagai bahan masukan dan dasar dalam penulisan RPS/RKS maupun RAPBS/RAKS. 6. Dilaksanakan minimal setahun sekali oleh semua stakeholder pendidikan di sekolah, bukan hanya oleh kepala sekolah/madrasah saja dengan bimbingan dan pengawasan Pengawas sekolah. Sumber: http://jeperis.wordpress.com [...]

    Ping balik oleh Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Bagaimana? | EDUNET MTs KAB. TEGAL | 1 Desember, 2010

  22. mohon izin dari bapak.. artikelnya bisa mjadi bagian dari bahan tugas pekuliahan saya (temennya bisker limbong)… thanks bro..

    Komentar oleh yudi | 18 Januari, 2011

  23. Terima kasih Pak, sangat bermanfaat bagi saya.

    Komentar oleh Ani Purwati | 20 April, 2011

  24. Thanks atas materi EDS, sangat bermanfaat tuk menyusun laporan magang cakep, salam kenal bro!

    Komentar oleh AFRIANDI | 25 April, 2011

  25. pak contoh langkah2 mengisi format EDS pak.
    tolong bantu saya pak

    Komentar oleh Asbun Malik Siregar | 24 Mei, 2011

  26. trim contoh eds lengkap menjadi acuan bagi saya dalam pengisian eds sekolah kami smp budaya bandar lampung

    Komentar oleh sutarto | 31 Mei, 2011

  27. Sekolah kami baru mau belajar , berlatih cara pengisiannya.di kecamatan kembayan ,dari tanggal, 6 juni s/d 9 juni 2011

    Komentar oleh annisa | 7 Juni, 2011

  28. trima kasih atas petunjuknya. tp gimana langkah2 pengisiannya harap di muat di blok ini atau dikirimkan di email sy.tirms

    Komentar oleh abdul latif | 19 Juni, 2011

  29. mohon bantuan bapak untuk mengirimkan modul EDS, yang akan digunakan sebagai acuan di lingkungan kerja saya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih…. Sukses selalu untuk blog ini.

    Komentar oleh sdn kartodipuran 21 | 23 Juni, 2011

  30. Pak bisa minta contoh laporan EDS yang benar dan bagus,terima kasih tolong kirim ke email aku ya pak oliv _Fitriah @Yahoo.com

    Komentar oleh pitriah | 22 Juli, 2011

  31. sblumya ayes mguccapkan bnyakkk trimakasih ,,,smga allah swt yng mblasnya… aminnn

    Komentar oleh abdullah puteh | 18 Agustus, 2011

  32. thank’s lots

    Komentar oleh masketir | 14 September, 2011

  33. mohon petunjuknya langkah awal yang tepat sebagai pembina sekolah yang baru. kondisi sekolah yang agak memprihatinkan dalam banyak hal/ hampir di semua standar pendidikan. terima kasih banyak. sukses selalu.

    Komentar oleh sd inpres bertingkat mamajang 1 makassar | 20 September, 2011

  34. terimakasih sangt untuk perunjuknya….saya bener2 buntu mw diapakan EDS sekolah saya ini……….

    Komentar oleh Noe Choteadjah Wurdoyo | 29 September, 2011

  35. Pak Jeperis ! saya telah membuka modul-modulnya EDS diatas ternyata EDS 2010 Pak, kalau Bapak tidak keberatan, tampilkanlah EDS 2011 yang terisi lengkap sebagai contoh. Terima Kasih Pak Jep atas bantuannya.

    Komentar oleh Drs. Isa Anshary | 1 November, 2011

  36. Salut mas info terbaru senantiasa kita tunggu ya Insya Alloh sangat amat bermanfaat terutama bagi para kepala sekolah, semoga.

    Komentar oleh Khusni Ismail | 15 November, 2011

  37. kami lagi belajar, bisa kirim contoh laporan EDS tingkat SMA/MA untuk menjadi panduan kami ke email m_isaperlak@yahoo.com. terima kasih sebelumnya.

    Komentar oleh isa | 26 Januari, 2012

  38. bapak memang mantap

    Komentar oleh MUHAMMAD ZAINI.S.Pd.I | 13 April, 2012

  39. Kamad bertanya kpd Ka TU “pak sekolah Kita sdh punya EDS”?… Ka TU ……..(blm punya)!!!!! heeeeeeem smbil diam sribu x xx.
    Alhamdulillah Ketika bertanya 0m g00gle langsung dapet ini.
    Trims Ya Allah……

    fr0m : MI Al-Miftah Denpasar Bali

    Komentar oleh Moh. Rosyid, S.Sos.I | 9 Mei, 2012

  40. Terimakasih bapak sudah lama saya mencarinya semoga bermanfaat

    Komentar oleh Mukhoiri | 13 Juni, 2012

  41. Saya sedikit pesimis dengan EDS yang kami buat, karena MSPD belum mampu mengimbangi rekomendasi yang dibuat oleh setiap satuan pendidikan. Buktinya tahun 2012 hanya 1 kabupaten/kota yang ada di Kalbar diberi kesempatan merekrut pegawai baru termasuk di dalamnya Pendidik dan tenaga kependidikan. Bagaiman dengan sekolah-sekolah yang hanya memilik maksimal 3 pendidik, 6 rombel, walaupun jumlah siswanya hanya mencapai 60 s/d 70 orang. Mampukah untuk meningkatkan mutu pendidikan, membuat perangkat pembelajaran, mengadakan pengayaan, remedial, dan sederet usaha lainnya untuk meningkatkan kompetensi peserta didiknya. Adakah yang telah mencapai hasil maksimal, dengan keadaan seperti gambaran diatas, bagi-bagi ilmu tak mengurangi manfaatnya buat sekolah Bapak/Ibu. Trims.

    Komentar oleh Jamian, S.Pd.SD | 14 Juli, 2012

  42. Terimakasih bapak sudah berbagi dengan kami

    Komentar oleh Rusdin bakari | 15 Juli, 2012

  43. terima kasih,,,,, file bapak bisa saya jadikan reverensi

    Komentar oleh pranoto negoro | 18 Juli, 2012

  44. terima kasih buanyak atas file nya, saya ambil sebagai referensi untuk madrasah kami.

    Komentar oleh wicaksono | 12 September, 2012

  45. Terima kasih Pak sangat berguna untuk saya

    Komentar oleh Ida | 6 Oktober, 2012


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: