STANDAR PENGEMBANGAN KKG/MGMP

Untuk mewujudkan peran KKG dan MGMP dalam pengembangan profesionalisme guru, maka peningkatan kinerja kelompok kerja guru (KKG) dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) merupakan masalah yang mendesak untuk dapat direalisasikan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja KKG dan MGMP, antara lain melalui berbagai pelatihan instruktur dan guru inti, peningkatan sarana dan prasarana, dan peningkatan mutu manajemen KKG/MGMP. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan kinerja KKG/MGMP yang berarti. Di beberapa daerah menunjukkan peningkatan kinerja KKG/MGMP yang cukup menggembirakan, namun sebagian besar lainnya masih memprihatinkan.

Untuk itu telah disusun Standar Pengembangan dalam rangka pencapaian penjaminan mutu pendidikan melalui KKG/MGMP yang disahkan pada bulan Januari 2009. Adapun Standar pengembangan KKG/MGMP adalah sebagai berikut :

A. Standar Program

B. Standar Organisasi

C. Standar Pengelolaan

D. Standar Sarana/Prasarana

E. Standar Sumber Daya Manusia

F. Standar Pembiayaan

G. Standar Penjaminan Mutu

H. Standar Operasional Prosedur KKG/MGMP.

Untuk melihat secara lengkap Standar Pengembangan KKG/MGMP tersebut, silahkan download disini.

STANDAR PENGEMBANGAN KKG/MGMP

Revisi Proposal dalam bentuk powerpoint

Contoh Cover

11 pemikiran pada “STANDAR PENGEMBANGAN KKG/MGMP

  1. bayusaja

    Waa… ini blog penuh info dan ilmu nih. Tapi kenapa kaga ada yang ngomenk ya. Tetap semangat ngeblog ya mas!! Kerend kereeenndd…

  2. jeperis

    Nggak tau lah ini mas..Banyak yang datang tak ninggalin jejak..Waktu kubuka jumlah download-an dari blog saya udah hampir 500 kali..luar biasa…Terima kasih bagi yang mau mendownload. Semoga ilmu yang didapat berguna bagi nusa dan bangsa…Di mohon yang mampir sapaannya.
    Sukses selalu… Sukses semuanya…

  3. Baen lae jolo gombaran ni UN 2009, alana borukku naeng tamat sian SMA jurusan IPS ..
    Mauliate lae .. molo tung adong saran muna
    Horas ma daaaaaa
    (Terjemahannya : Buatkanlah sedikit gambaran UN 2009, lae, karena putriku mau tamat dari SMA jurusan IPS… Terima Kasih lae, sekiranya ada saran. Horas..)

  4. jeperis

    Horas ma Lae Mr.Bin. Adong do hubaen nungga di blog on ima jadwal Ujian Nasional 2009, Prosedurna dohot kisi-kisi soalna. Di download lae ma i. Nunga hupapinda tu widget di samping, asa mura marnida. Adong do disi gombaran soal dohot kriteria lulus, misalna rata-rata minimal 5,50 dohot gombaran na asing. Mengenai pengawas UN di daerah ni lae ndang huboto, alai molo di Pontianak Dosen do sude pengawas tingkat UN SMA. Molo au di UN berperan do sebagai TPI (Tim Pemantau Independen).
    (Terjemahan : Horas juga lae Mr. Bin. Sudah ada saya lampirkan di blog ini jadwal UN 2009, Prosedur dan kisi-kisinya. Silahkan download. Sudah aya pindahkan ke widget di samping, biar mudah. Ada juga gambaran soal dan kriteria lulus, misalnya rata-rata minimal 5,50 dan gambaran lain. mengenai pengawas UN di daerah saya kurang tahu. tapi klo di Pontianak Dosen yang menjadi pengawas tingkat UN SMA)
    Ralat: Pengawas UN 09 di SMA di Pontianak tidak jadi Dosen. tetapi seperti biasanya. Dosen hanya sebagai TPI

  5. Nunga hu download be lae … alai isinai holan petunjuk do ate… molo boi bantu lae majolo bah… boruntaon mengaku lemah di Matematika… bantu majolo lae songon dia carana dah… email ma tu: binsar43@gmail.com
    (Terjemahan : Sudah saya download lae…tapi isinya hanya petunjuk…Kalau boleh bantulah putri saya itu ya….karena dia lemah di Matematika..bantulah dulu bagaimana caranya…kirim ke emailku saja.)

  6. mukhotop budoyo

    trimakasih beritanya saya salah satu peserta KKG dari Melawi membaca berita bapak saya jadi deg-degan nih. wah bapak-bapak pakai bahasa apa tuh terjemahkanlah biar yang lain ikut ambil infonya.

    (Jeperis :Terima Kasih kunjungan Bapak, Terima kasih juga sarannya. Yang diatas hanyalah bahasa batak biasa. Silahkan bapak baca, sudah saya terjemahkan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s