PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH BAGI PENGAWAS SEKOLAH

A. Pengantar

Ada enam dimensi kompetensi pengawas satuan pendidikan yang telah disyahkan oleh BSNP dengan Peraturan Menteri No. 12 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pengawas. Ke enam dimensi kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian, kompetensi social, kompetensi supervise manajerial, kompetensi supervise akademik, kompetensi evaluasi pendidikan dan kompetensi penelitian pengembangan.

Pada bulan November tahun 2006 bersamaan dengan uji publik standar kualifikasi dan kompetensi pengawas satuan pendidikan yang dilaksanakan BSNP di 33 propinsi, Direktorat Tenaga kependidikan melaksanakan uji coba tes kompetensi pengawas pendidikan menengah dengan mengunakan instrumen uji kompetensi yang telah disusun berdasarkan enam dimensi kompetensi di atas. Hasil uji coba tes kompetensi pengawas satuan pendidikan menunjukkan bahwa secara nasional nilai rata-rata penguasaan kompetensi pengawas satuan pendidikan adalah 39,55 dari maksimum skor 70 atau baru mencapai 56,50 %. Penguasaan kompetensi tersebut dinilai masih rendah sebab belum mencapai 69 %. Khusus untuk pengawas pendidikan menengah nilai rata-ratanya mencapai 39,74 artinya sedikit berada di atas rata-rata nasional (39,74 > 39,55).

Dari enam dimensi kompetensi pengawas satuan pendidikan, ada tiga dimensi kompetensi yang nilainya di bawah nilai rata-rata keseluruhan kompetensi. Ketiga kompetensi tersebut adalah kompetensi supervisi manajerial (37,18), kompetensi supervisi akademik (36,30) dan kompetensi penelitian dan pengembangan (38,15).

Penelitian dan pengembangan merupakan salah satu kegiatan pengembangan profesi yang dapat dilakukan oleh pengawas.

Terdapat lima macam kegiatan pengembangan profesi yang dapat dilakukan pengawas yaitu :

  1. Melaksanakan kegiatan penelitian tindakan sekolah dalam bidang pendidikan/kepengawasan ;
  2. Menyusun pedoman pelaksanaan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial
  3. Menyusun petunjuk teknis pelaksanaaan tugas pokok dan fungsi pengawas;
  4. Menciptkan karya seni;
  5. Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan dan kepengawasan..

Semua unsur pengembangan profesi memerlukan kemampuan dalam bidang penelitian dan pengembangan. Terlebih lagi kegiatan pengembangan profesi yang pertama yakni melaksanakan kegiatan penelitian tindakan sekolah dalam bidang pendidikan/ kepengawasan. Kegiatan ini sangat penting bagi pengawas mengingat penelitian tindakan sekolah bagi pengawas berfungsi ganda. Pertama berfungsi untuk kepentingan penembangan profesi dan kepentingan tugas pokok kepengawasan.

B. SUBSTANSI PENELITIAN TINDAKAN KEPENGAWASAN

Ada 3 aspek yang perlu disepakati yaitu : (1). Kajian kepengawasan sebagai dasar dalam menentukan tema dan judul serta perumusan masalah penelitian tindakan kepengawasan, (2) hakekat penelitian tindakan yang direfleksikan dalam penyusunan proposal PTS, pelaksanaan PTS serta (3) kesepakatan bersama atas beberapa petunjuk teknis.

Tugas pokok pengawas sebagai dasar dalam menentukan tema/atau judul atau masalah penelitian tindakan kepengawasn adalah sebagai berikut :

a. Kegiatan memantau :

– supervisi akademik : 1. Pelaksanaan pembelajaran/bimbingan dan hasil belajar siswa

2. Keterlaksanaan kurikulum tiap mata pelajaran

– Supervisi manajerial : 1. Pelaksanaan ujian nasional PSB dan ujian sekolah

2. Pelaksanaan standar nasional pendidikan

b. Kegiatan menilai :

– supervisi akademik : kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan

– Supervisi manajerial : Kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan tanggung jawabnya.

c. Kegiatan membina :

– Supervisi akademik : 1. Guru dalam menyusun silabus dan RPP

2. Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas/laboratorium/lapangan

3. Guru dalam membuat, mengelola dan menggunakan media pendidikan dan pembelajaran

4. Guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan

5. Guru dalam mengolah dan menganalisis data hasil penilaian

6. Guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas

– Supervisi manajerial : 1. Kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi sekolah

2. Kepala sekolah dalam mengkoordinir pelaksanaan program bimbingan knseling

d. Kegiatan melaporkan dan tindak lanjut.

– Supervisi akademik : 1. Hasil pengawasan akademik pada sekolah-sekolah yang menjadi binaanya

2. Menindaklanjuti hasil-hasil pengawasan akademik untuk meningkatkan kemampuan profesional guru

– Supervisi manajerial :1. Hasilpengawasan manajerial pada sekolah-sekolah binaanya

2. Menindaklanjuti hasil-hasil pengawasan manajerial untuk menngkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan.

C. PENELITIAN TINDAKAN KEPENGAWASAN

Penelitian tindakan kepengawasan adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh pengawas satuan pendidikan dalam melaksanakan tugas-tugas kepengawasan pada sekolah binaannya.

Tujuan : untuk memecahkan masalah dan atau model pemecahan masalah dalam melaksanakan pengawasan di sekolah-sekolah binaannya.

Model penelitiannya menempuh langkah : perencanaan tindakan – tindakan – observasi/pengamatan – refleksi.

Masalah pokok pengawasan mencakup masalah pengawasan akademik dan masalah pengawasan manajerial yang dihadapi pengawas dalam sekolah-sekolah binaannya.

Adapun langkah-langkah kegiatan yang dilakukan pengawas dalam melakukan penelitian tindakan kepengawasan adalah sebagai berikut :

  1. Penyusunan proposal PTS
  2. Pelaksanaan PTS oleh Pengawas pada sekolah binaan
  3. Penulisan Laporan hasil PTS
  4. Penulisan artikel ilmiah

(Dari berbagai sumber).

117 pemikiran pada “PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH BAGI PENGAWAS SEKOLAH

  1. Permen Diknas no 12 tahun 2007 banyak dilanggar oleh pemda-pemda yaitu ketentuan umur seorang guru yang diberi tugas tambhan sebagai pengawas, kalau ngak salah batas umur 50 tahun akan tetapi kenyataan pensiun kurang 5 bulan diangkat, apa ini namanya tidak malpraktek. He he boro tes ….

  2. mksih semua info tentang PTS, kenyataan di lapangan kebanyakan pengawas dalam menyusun PTS lebih mencari jalan instan alias menjahitkan, namun kenyataannya justru yang menjahitkan lebih berhasil dibanding yang dibuat sendiri, bagaimana solusinya?

  3. herman harun

    Salam kenal saya Herman Harun dari Padang

    Nampaknya guru/pengawas sekolah sekarang semenjak adanya sertifikasi sudah malas mengurus naik pangkat ke iv b keatas dan malas/kurang motivasi membuat karya ilmiah, sebab kalau naik pangkat kenaikan gajinya hanya lebih kurang Rp.30.000/bulan . untuk apa pengembangan profesi segala bikin sussah saja.biar sertifikasi saja
    Hal ini perlu menjadi pemikiran pihak PENGAMBNIL KEBIJAKAM
    TERIMAKASIH
    salam saya

  4. Makasih ya , saya ingin tanya nih tentang tugas pengawas, karena bingung , ada yang mengatakan 10 sekolah binaan, ada juga berdasarkan PP 74 2007 melaksanakan tugas 24 jam ada lagi datang penjelasan 37 jam mana sih yang dipakai.

  5. djuliyarsih

    Trims artikelnya tp knp istilah yang digunakan tdk konsisten.Judul PTS tp didlm PTK? Btw sy jd termotivasi.You are is better than others.

  6. jeperis

    Oups..terima kasih kritikan dan masukan dari bu Djuliyarsih. sudah direvisi. bentuk dan pelaksanaan PTS dan PTK tidak jauh beda, hanya pemeliti dan topik yang diteliti berbeda…sukses selalu

  7. ETI HARYATI

    Blog ini sangat berguna buat saya pengawas baru, dan maaf mau tanya tentang beban pengawas pembina bahwa harus 15 untuk pengawas SMA, bagaimana kalau perbandingan jumlah pengawas dan sekolah lebih banyak pengawas pengawasnya?trimakasih

  8. ETI HARYATI

    Blog ini sangat berguna buat saya pengawas baru, dan maaf mau tanya tentang beban pengawas pembina bahwa harus 15 untuk pengawas SMA, bagaimana kalau perbandingan jumlah pengawas dan sekolah lebih banyak pengawasnya?trimakasih

  9. jeperis

    Terima kasih kunjungan ibu eti di blog sederhana ini. Nah, untuk masalah seperti ini bu, yang kita salahkan dinasnya. kenapa mengangkat pengawas melebihi jumlah sekolah? Tidak ada solusi yang bisa kami berikan dari LPMP masalah seperti ini, kecuali sistem tim..Sukses selalu bu ya..untuk lebih jelasnya baca bu Permendiknas no. 39 tahun 2009 tentang beban kerja guru.

  10. Ach. Herman

    PTS mudah diperkotaan, banyak literatur mudah didapat, tapi kalau dipelosok, wah sulitnya bukan main, dan biaya pustaka jelas selangit, kenaikan pangkat tidak sebanding dengan kerja dngn biaya yng ckp memberatkan, apakah itu yg dimauin???

  11. ETI HARYATI

    Ass Wr Wb, saya pengawas yang diangkat dari guru mata pelajaran, menjadi pengawas mapel, dalam permendiknas no 39 bs membina guru mapel sebanyak 60 orang, apakah cukup tanpa bertugas sebagai pengawas satuan pendidikan yang harus melakukan supervisi manajerial, karena beban kerja sudah terpenuhi? saya jg akan mengusulkan kenaikan pangkat dari IV/b ke IV/C semua PTS yang saya buat hanya sasarannya pada supervisi akademik, apakah boleh, mohon pendapatnya. Terimakasih

  12. Muh.Arifin

    Wahai saudara-saudaraku Pengawas Sekolah di seluruh Indonesia, sudah saatnya kita harus mau dan mampu membuat penelitian tindakan sekolah,sebagai teladan bagi kepala sekolah dan guru untuk mau dan mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas.banyaknya guru dan KS yg berhenti pd pangkat golongan IV/A mungkin salah satu faktor kurangnya teladan dari kita (pengawas) dlm kegiatan penelitian tindakan sbg wujud pengembangan profesi guru..dan saya ucapkan terima kasih kepada saudaraku pengawas sekolah yg telah banyak melakukan PTS shg dapat memotivasi pengawas sekolah lain dan guru untuk melakukan penelitian tindakan sekolah/kelas.

  13. Mizan syaroni

    bahwa pengawas untuk naik tingkat ke IVb dituntut menyusun PTS, kenyataan seperti pendapatnya pak pujianto diatas memang benar dan sangat fatal sekali bukan menjahitkan, mala membeli tau jadi, kalu menjahitkan itu masih ada bakal yang di jahit, tapi kalau membeli ya langsung usulan dan bayar berapa itu, mohon ada solosinya yang arif dan bijaksana

  14. permen diknas untuk rujukan penentuan kebijakan di sekolah msh saja menimbulkan penafsiran ganda and tidak tegas….. contoh masalah pengawas binaan… apa diknas gak pernah lihat data di daerah ada kabupaten yang memiliki sekolah SMA hny 7 apa iya seorang pengawas harus membina 10 sekolah… mana mungki and mustahil dong…. pak klo ada saya minta contoh PTS jadi karena sy masih kesulitan untuk membuat PTS….

  15. SUAIDIN

    Tertarik saya membaca keluh kesah teman-teman pengawas, hampir disemua forum diskusi pengawas yang banyak dipermasalahkan adalah, kesulitan membuat PTS, kesulitan mebuat program dan laporan kepengawasan, dan yang terakhir masih hangat-hangatnya di permasalahkan adalah Penugasan pengawas. Buat teman-teman pengawas yang ingin lebih jauh mengetahui hal-hal tersebut disamping bapak dapkan di sini juga bisa buka di Blok nya Ahmad Sudrajat disana lengkap memuat semua yang dibutuhkan pengawas, ada contoh format/instrumen, ada contoh program dan laporan kepengawasan, contoh PTK,PTS, silabus,RPP,KTSP masih banyak lagi semuanya bisa di donlod gratis.dan ada juga forum diskusi sepeerti di sini. bapak/ibu ketik aja di google program pengawas sekolah . tinggal cari aja Blok Ahmad sudrajat.

  16. dedi kustiadi

    assalamualaikum,saya sangat senang dengan adanya blok ini , memacu saya untuk menulis ttg Penelitian Tindakan Sekolah Bagi Pengawas, semoga teman teman Pengawas semakin kreatif,inovatif dan cerdas.Teman teman pengawas seluruh Indonesia tolong doong ceritakan kondisi pengawas di daerah anda masing – masing biar dapat impormasi yang banyak. Wassalam

  17. Muhamudin

    Terima kasih Blog ini, sangat memberi kontrobusi yang segnifikan tentang implementasi Tupoksi Pengawas. Kami ingin ememinta proposal PTS yang lengkap supaya dapat dipelajari dengan seksama dan dapat dilaksanakan di Sekol
    ah binaan

  18. sujono duar

    Kalau teman-teman pengawas ada contoh PTS,tolong kirimkan ke E-mail saya,karena saya pengawas dari daerah pedalaman Kalteng yang sekali-sekali saja mendownloud internet oke trims atas perhatian semua

  19. Sudarto GS

    Assalamualaikum wr.wb.
    20 Maret 2010
    Bingung rasanya menanggapi pelaksanaan Permen Diknas no 12 tahun 2007 di daerah karena dalam mengimplementasikan rekrut pengawas pemda tidak sepenuhnya mengikuti isi permen tapi mendasari kepentingan sesaat, apa yang diharapkan dari pengawas yang tidak memenuhi standar karena pada akhirnya hanya mengikuti arahan dan petunjuk bossnya yang memberikan peluang sehingga harapan upaya meningkatkan kwalitas pendidikan nonsen.

  20. Asrori

    Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh
    Beberapa ketentuan pembagian daerah binaan pengawas simpang siur ada yang 10 sekolah ada yang 15 dan yang terjadi 1(satu) Kecamatan di kabupaten Tegal banyak yang se kecamatan hanmya ada 1 orang pengawas. Bagaimana akan menjadi pengawas profesional sedangkan wilayah binaan tanpa batasan, sementara seleksi pengawas yang sudah dilaksanakan belum ada kepastian untuk dilantik.
    tolong yang berwenang untuk bisa mensikapi demi kepentingan yang lebih besar.

  21. HARJO CIREBON

    Wa penelitian tindakan yang dilakukan pengawas….bagus juga tuh…. tapi bisa benar2….dapat membangkitkan motivasi guru gak ya…ya buat melengkapi dikabulkannya sertifikasi pengawas…de…walau baru PP undang2nya induk ke mana tuh….jangan di Undang – undang guru dan dosen donk…tetapi ok lah… pengawas sudah jelas..tapi nih….Kepala Sekolah gimana nih… maunya sebagai tenaga fungsional..hingga bisa nuntut kuota sertifikasi..tetapi lihat donk Bapak/Ibu Pengawas….betul2..ngajar gak..kayaknya cuma ngotak. ngatik dana ja.INI NAMANYA PELECEHAN PRODUK UNDANG – UNDANG GURU DAN DOSEN DONK…apalagi sekrang gi ramai-ramainya naik pangkat …ke IV/b… jangan ADA JUGA MARKUS. he..he….

  22. Sudarmin

    Saya ucapkan terima kasih atas infonya dan situs bapak sangat berguna bagi saya pribasi semoga terus menulis bila perlu ada hasil karya teman teman yang pandai menulis yang nantinya menjadi acuan kami dalam menyusun PTKp atau PTS. sebagai sekretaris APSI Kab. Sumbawa NTB salam buat semua anggota Asosiasi pengawas seluruh indonesia (APSI. Sukses selalu

    kontak ya ke Facebook kami : Sudarmin Sastro

  23. satrizal

    iya..juga sih sebenarnya ngak ada yang susah,tapi yang susah untuk memulainya pan pengawas seorang yang profesional…

  24. anita

    saya sangat senang dengan adanya blog ini krn sangat membantu dan menjawab pertanyaan yang ada dibenak ini….terimakasih banyak untuk infonya

  25. Armanson Saragih,S.Pd

    Kalau abang jeperis ada contoh proposal PTS minta tolong lah di kirim kan ke Email saya trima kasih.Syaloom.

  26. Armanson Saragih,S.Pd

    Saya sangat salut juga dengan para Widyaiswara LPMP Kalbar ternyata tidak kalah dengan para Widyaiswara dari jawa ini terbukti ketika sy ikut diklat P4TK BMTI dr bandung bu Suprapti begitu sangat jelas sekali memaparkan dan sangat menyenangkan salam untu bu prapti bang … sukses selalu bg para Widyaiswara LPMP Pontianak…..

  27. Armanson Saragih,S.Pd

    saya mau tanya juga nich bang gimana caranya buat blog di internet tolong dibantulah sy maklumlah kami dikampung kampung ni informasi aja sangat sulit sekali terima kasih bang salam dengan kakak…….

  28. jeperis

    Saya ada contoh proposal PTS, tapi belum sempat saya ketik, terutama PTS yang diikutkan lomba. Apa materi Bu Suprapti. Untuk membuat blog mudah dan gratis, panduannya banyak di internet, tinggal download, dan ikuti petunjuknya. Syarat harus punya email.

  29. armanson saragih

    materi dari bu Prapti waktu itu kalau tidk salah EDS dan PTS tolong lah bang contoh PTS abang itu di kirimkan ke Email saya. Thans Syaloom.

  30. jeperis

    Contoh judul PTS : MENINGKATKAN PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS OLEH KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI DISKUSI INTENSIF SEKOLAH BINAAN DI KAB. SAMBAS.

  31. ratini

    sangat menarik dan saya perlu contoh yang jeperis tulis untuk mengingatkan tugas sebagai kepala sekolah yg ingin maju dari ketertinggalan menuju sukses harus mau berubah tp mulaidari mana?

  32. Saya Kepala Sekolah SDN No.12 Sepandak.D kecamatan Subah dengan adanya blog ini sangat bermanfaat bagi kami menindak lanjuti pelatihan penguatan kepala sekolah tgl 18-22 september lalu kami dituntut untuk membuat PTS,bersam ini mohon kiranya bapat dapat mengirimkan contoh pts untuk kepala sekolah
    ini alamat email sy fendi_pjjsbs@yahoo.co.id

  33. Anas Masruh

    Yth. Sdr. Jeperis
    Saya dah baca penelitian yg Anda tulis di blog ttg PTS
    Saya ingin membuat PTS tp masih bingung, tolong saya dibantu untuk menyusun PTS atau dikirimkan contoh PTS.
    Sebelumnya terima kasih
    (email aan_mh22@yahoo.com)

  34. Ass, wr wb
    Memang sulit memotivasi guru untuk menulis pts/ptk selama guru ybs belum menyadari tugas dan tujuan pengajaran. Apalagi guru yg berorientasi ke materialistis krn kenaikan golongan cuma Rp. 30.000,- ada yg mengatakan lebih baik macul di sawah hasilnya lebih besar.
    Saya salut kepada teman2 guru yg mash punya semangat untuk menulis, walaupun hrs belajar dri contoh2 PTS yg ada, asal jangan cipyfaste aja … he… he…
    Wassalam

  35. cecih

    pak saya minta tlg dikirimkan pts yg lngkapnya tuk acuan,krn sy mngalami kesulitan blm ada gambaran sama sekali,sedangkan waktu sdh mendesak,atas kemurahan hati bapak saya ucapkan trimakasih

  36. mustafah

    saya ingin kenalan dengan pak jep selanjutnya, karena pak jep tinggal di daerah pontianak kalau tidak salah. sedang tanah warisan saya ada di daerah pontianak. sebenarnya yang utama saya minta tolong untuk dikirimkan bahan contoh penelitian tindakan sekolah.terima kasih sebelumnya semoga sukses selalu, amin….

  37. sulenggono

    pak saya mau bertanya, apakah ada laporan tentang penelitian tindakan sekolah untuk smp ?
    jika ada, tolong dikirim pak.
    trima kasih banyak.

  38. Sugeng Djatmiko

    kami telah membuat pts tapi hasil penilain pada onjob learning masih sedang untuknya tolong kami diberi contoh pts yang benar

  39. Sugeng Djatmiko

    kami telah membuat pts tapi hasil penilain pada onjob learning masih sedang untuknya tolong kami diberi contoh pts yang benar .
    pelatihan penguatan kemampuan kepala sekolah perlu adanya tindak lanjut pelatihan pengembangan kompetesi guru, agar mereka tahu akan tupoksi yang sebenarnya.

  40. Moha.Haris Husein

    assalamu alaikum pak. kenalin saya Moh. Haris Husein pengawas TK/SD ingin buat PTS tapi masih bingung gimana nyusunnya. Kalau dapat saya mohon dikirimi contoh PTS SD yang sudah jadi sebagai dasar panduan saya dalam menyusun PTS. Terima kasih sebelumnya Pak

  41. Mohon petunjuk cara pembuatan PTS Bagi Kepala Sekolah dan sekaligus cotoh PTS SD yang telah jadi ,sebagai acuan dan pedoman untuk pembuatan PTS bagi kami karena kami masih minim pengetahuan tentang hal tersebut dengan senag hati mohon dikirimi PTs di emil ini , tanasar50@yahoo.co.id terima kasih atas kemurahan hati bapak/atau Pembimbing yang budiman.

  42. kendarti

    saya tertarik membaca keluh kesah teman-teman guru yang sudah memenuhi kriteria pengawas dan kepala sekolah sesuai dengan permen 12 dan 13 yg antara lain soal umur dan pendidikan bagi guru yang diangkat jd pengawas atau kepala sekolah. Marilah permen itu kita laksanakan kita shg tidak banyak gr yang profesional tetapi dirugikan. Selamat mengabdi guru Indonesia. mari kita majukan pendidikan kita.

  43. ernayani

    hallooooooooooooo pak nahampun tolong lha kirim ke saya contoh proposal PTS buat bahan acuan,saya pengawas sekolah smp thank you banget sebelumnya.

  44. BApak Ibu tercinta teman sesama pengawas. Trims informasi berharga pts dan comment bpk ibu. Sy sekarang sedang membuat PTS berkaitan dengan bilingual Karena salah satu sekolah binaan sy menggunakan bilingual. Tolong ya bpk ibu. Timakasih n Horas dari sy pengawas smp jurusan Bahasa Inggeris di Medan

  45. Agus hendra

    Salam sejahtera buat rekan rekan pengawas sekolah,terutama Bapak bapak dan ibu ibu Pengawas TK/SD di seluruh wilayah tanah air tercinta Indonesia. Ingin rasanya saya berbagi dan bertukar pengalaman dengan semua rekan rekan. Saya diangkat menjadi Pengawas TK/SD pada tahun 2000 dan bertugas di Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Jawa Barat sampai dengan sekarang. Pada kesempatan ini saya mohon kepada teman teman untuk mengirimkan salah satu hasil karya PTS kepada saya melalui email : agushendra,subang@yahoo.co.id.

  46. Syuratmin Nanguning

    pak tolong contoh PTS sekolah Menengah Atas berkaitan dengan Mata Pelajaran estetika.Trima Kasih

  47. Rekan -rekan ,bapak ibu pengawas TK/SD kususnya,apabila ada niat belajar semua akan dapat di selesaiakan ,baik itu PTS,maupun KTI.Sedangkan Tupoksi Kita sudah jelas,Kunci pokok kita adalah membina dan menilai baik itu akademik maupun manageriar,Yang penting kita membuat rencana program pembinaan bulanan,semester dan tahunan.yang kita kaitkan dengan 6 kompetensi pengawas sekolah.kalau kita sudah merencanakan program tersebut,lalu kita laksanakan dan setiap bulan kita evaluasi,akan menjadi laporan atau karya sesuai dengan yang bapak ibu inginkan.

  48. Ardin

    Pak Menteri Yth, Tolong evaluasi kembali kinerja pengawas, soalnya pengawas sekarang kebanyakan duduk di kantor. Apalagi berbicara tentang enam kompetensi, yang ada hanya kompetensi marah-marah tidak tahu penyebabnya apa, jangan-jangan untuk menutupi kelemahan. Pak Menteri Tolooooooooong Evaluasi pengawas kami,

  49. Salam sejahtera buat rekan rekan pengawas sekolah,terutama Bapak bapak dan ibu ibu Pengawas TK/SD di seluruh wilayah tanah air tercinta Indonesia. Ingin rasanya saya berbagi dan bertukar pengalaman dengan semua rekan rekan. Saya diangkat menjadi Pengawas TK/SD pada tahun 2005 dan bertugas di Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten aceh Utara sampai dengan sekarang. Pada kesempatan ini saya mohon kepada teman teman untuk mengirimkan salah satu hasil karya PTS kepada saya melalui email : pak.armia@yahoo.com.

  50. Alhamdulillah, akhirnya dapat gambaran tentang maksud penelitian supervisi akademis dan manajerial! Makacih ya, semoga harapan terciptanya guru profesional dapat diwujudkan melalui kepengawasan yang profesional pula.

  51. ayi yusup hidayat

    salam kenal pa, sy minta tolong contoh ptk,pts kepsek, dan pts pengawas terutama yang berkaitan dg smk tolong kirim ke email sy ya trims sebelumnya

  52. ayi yusup hidayat

    pa boleh nanya mungkin pertanyaan sy kurang berbobot :1)mengenai kenaikan pangkat pengawas prosedurnya katanya harus ke jkt 2) kalau bp punya inponya atau format apengusulan dan tatanan pengusulan pak dllnyasy sekarang merasa terbelengu propesi

  53. Lidia Rumahorbo

    salam hangat buat anda sesama pencerah pendidikan. Kalo boleh tolong bapak bantu saya sebuah proposal dan laporan PTS yg telah lolos. Sebelumnya trima kasih

  54. Budi Hartoyo

    makasih bapak tulisannya dah memotivasi aku untuk kerja sesuai TUPOKSI Pengawas, tetapi sepertinya bapak perlu terus memberikan contoh aktifitas untuk pengawasm terutama bagi pengawas TK/SD yg bingung akan kerjaannya, sehingga akhirnya cenderung duduk-duduk di kantor aja, he…..

  55. Terima kasih bapak dengan blok ini, tolong dikirimi PTS yang sudah dapat dipertanggung jawabakan , nih untuk membuat PTS yang baik,
    Terima kasih, kirim ke : istadji @gemail.com, matur nuwun

  56. listeria manurung@gmail.com.id

    hallo rekan2 pengawas mari sama2 belajar dgn bayk membaca mungkin dpt membantu, tp ini yg gak habs pikir kita dlam satu kec. dlm jlh sek binaan porsi tdk sesuai. binguuuuung and jadi masalah. namun ada kec. yg tdk ada pengawssssss. horaas

  57. baroto

    Pak Jeperis Yth,
    Saya baru 1,5 th jadi pengawas mapel SMP dan saya ingin belajar membuat PTKp. Jika berkenan, mohon saya dikirimkan hasil PTKp Bapak untuk saya pelajari. Terima kasih sebelumnya. saya sertakan alamat email saya : baroto_d@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s