SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY…JANGAN LUPA BERDOA.

PENDIDIKAN NON FORMAL

Sesuai tupoksi LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) bukan hanya peningkatan kompetensi pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk Pendidikan Formal atau Pendidikan Dasar dan Menengah tetapi juga meningkatkan pendidikan Non Formal atau luar sekolah.

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal  dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat (Sisdiknas)

Bentuk-bentuk pendidikan nonformal tertentu sudah sejak lama dikenal, dan dikembangkan di indonesia, bahkan banyak orang berpendapat bahwa usia pendidikan nonformal jauh lebih tua dibanding dengan pendidikan formal. Oleh karenanya, sumbangan pendidikan nonformal terhadap masalah-masalah dalam masyarakat bukanlah barang baru lagi. Akan tetapi yang perlu diingat adalah, bahwa perkembangan masyarakat terlampau cepat, tuntutan kebutuhan semakin bervariasi.  Bukan sesuatu yang aneh bila sistim yang ada didalam masyarakat termasuk didalamnya sistim pendidikan selalu mendapat tantangan untuk terus menyempurnakan diri dan menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Sudah sepantasnya apabila sistim pendidikan nonformal selalu berbenah diri mengikuti proses perkembangan pendidikan pada khususnya dan dan proses perkembangan serta pembangunan pada umumnya.

Pendidikan nonformal dengan berbagai macam program kini telah berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sebagaimana yang diamanatkan dalam sistim pendidikan Nasional dimana bentuk Pendidikan Non Formal meliputi :

  • Pendidikan Kecakapan hidup  (Kursus, magang)
  • PAUD  (Tempat Penitipan anak, Keompok bermain, kelompok bermain sejenis  Paud integrasi posyandu)
  • Pendidikan Kepemudaan (Program nampak tilas, Program memanfaatkan waktu luang, Kelompok Usaha Pemuda Produktif/KUPP, Purna program, Program wisata pemuda, program pemuda pencinta alam, SP3, Paskibraka)
  • Pendidikan Pemberdayaan Perempuan
  • Pendidikan Keaksaraan (Program Dikmas : KF, KBU, TBM, Pengarus- utamaan gender /PUG)
  • Pendidian Kesetaraan ( Paket A, B, C)

3 Juni, 2009 - Posted by | Pendidikan Non Formal |

2 Komentar »

  1. tambahkan berbagai pendidikan non formal lainnya!

    Komentar oleh akuinginsekolah | 4 Juli, 2009

  2. diperlukan aksi nyata dari lpmp untuk membangun dan peduli terhadap pendidikan nonformal di kalimantan barat

    Komentar oleh haliman | 3 Februari, 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: