SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY…JANGAN LUPA BERDOA.

BERPIKIR KREATIF

Hidup adalah permasalahan, rangkaian masalah, baik masalah kecil, sedang maupun besar, ukurannya pun sangat relatif tergantung dari individu seseorang tersebut. Masalah-masalah ini harus dipecahkan, kadang kalau tidak dipecahkan maka akan tetap akan menjadi masalah, bahkan bisa membesar atau beranak pada masalah lain. Unsur kreatif dalam memecahkan masalah amatlah penting, semakin kreatif seseorang maka akan semakin banyak jalan untuk menyelesaikan permasalahan.

berpikir merupakan alat utama pemecahan masalah dalam kehidupan seseorang,dengan berpikir kita akan lebih mudah menyelesaikan masalah dalam kehidupan.berpikir kreatif merupakan salah satu cara yang dianjurkan oleh para psikolog,dengan cara itu seseorang akan mampu melihat persolan dari banyak perspektif karena seorang pemikir kreatif akan menghasilkan lebih banyak alternatif untuk memecahkan masalah.para ahli mendefinisikan berfikir kreatif merupakan cara berpikir yang menghasilka sesuatu yang baru dalam konsep, pengertian dan penemuan. syarat untuk berpikir kreatif ada 2 hal yaitu pertama sesuatu yang dihasilkannya harus dapat memecahkan persoalan secara realistis. yang kedua hasil pemikirannya harus merupakan upaya mempertahankan suatu pengertian atau pengetahuan yang murni. dengan kata lain, pemikirannya harus murni berasal dari pengetahuan atau pengertiannya sendiri, bukan jiplakan atau tiruan.ada juga para ahli lain yang menyebutkan bahwa berpikir kreatif bisa dilakukan dengan berpikir analogis, jadi proses berpikirnya dengan cara menganalogikan sesuatu dengan hal lain yang sudah dipahami. kalau menurut pemahaman si pemikir, kesuksesan adalah keberhasilan mencapai suatu tujuan, maka saat ia berpikir tentang kesuksesan, ciri-ciri berupa ” berhasil mencapai tujuan” menjadi unsur yang dipertimbangkan. disamping berpikir secara analogis, untuk berpikir secara kreatif si pemikir juga harus mengoptimalkan imajinasinya untuk mereka-reka berbagai hubungan dalam suatu masalah. dengan ketajaman imajinasi, kita mungkin dapat melihat hubungan yang mungkin tidak terlihat oleh orang lain.

Tahapan dalam berpikir Kreatif :

tahap pertama : orientasi masalah, yaitu merumuskan masalah dan mengindentigikasi aspek aspek masalah tersebut. dalam prospeknya, sipemikir mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan masalah yang dipikirkan.

tahap kedua : preparasi, pikiran harus mendapat sebanyak mungkin informasi yang relevan dengan masalah tersebut.kemudia informasi itu diproses untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pada tahap orientasi.

tahap ketiga : inkubasi.ketika pemecahan masalah mengalami kebuntuan maka biarkan pikiran beriistirahat sebentar. sementara itu pikiran bawah sadar kita akan bekerja secara otomatis untuk mencari pemecahan masalah.

tahap ke empat yaitu iluminasi, proses inkuasi berakhir , karena si pemikir mulai mendaptkan ilham serta serangkaian pengertian (insight) yang dianggap dapat memecahkan masalah.

tahap ke lima : verifikasi, yaitu melakukan pengujian atas pemecahan masalah tersebut, apabila gagal maka tahapan sebelummnya harus di ulangi lagi.

DI samping tahap-tahap tersebut berpikir kreatif juga mesti ditunjang oleh beberapa hal seperti Kemampuan Kognitif, yaitu seseorang harus mempunyai kecerdasan yang tinggi, maka ia harus secara terus menerus mengembangkan kemampuan intelektualitasnya. Sikap terbuka, cara berpikir kreatif akan tumbuh apabila seseorang bersikap terbuka pada rangsanga internal dan eksternal. Sikap terbuka dapat dikembangkan dengan memperluan minat dan wawasan. sikap Bebas , Otonom dan percaya DIri. berpikir secara kreatif membutuhkan kebebasan dalam berpikir dan berekspresi.

Dari berbagai sumber…

8 Juni, 2009 - Posted by | Artikel

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: