PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT SOAL MELALUI WORKSHOP DI ….

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan  kemampuan guru ……., dalam membuat Soal   melalui workshop. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan …… orang guru mata pelajaran, yang  dijadikan sampel  penyusunan soal, berdasarkan kriteria penyusunan soal standar. Dari hasil  survei   sebelumnya mereka belum pernah menyusun  soal  berdasarkan kriteria / langkah-langkah penyusunan tes standar.  Mereka menyusun soal dengan  mengadopsi soal tes dari bank soal yang dimiliki dan disesuaikan dengan indikator materi yang diajarkan di kelas.

        Penelitian dilakukan dengan 2 siklus.  Soal yang sudah selesai dianalisis dan dinilai berdasarkan  3 parameter yang telah ditetapkan, antara lain :  1), aspek kesesuaian soal dengan tujuan pembelajaran, 2) aspek perilaku tingkat kesukaran Taxonomi Bloom ( C1 – C6), dan ke. 3), penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada tes obyektif.    Sementara itu, untuk mengetahui aktivitas guru di dalam bekerja, peneliti melengkapi alat ukur dengan  panduan observasi. Aspek yang diobservasi dalam kegiatan ini,  terdiri dari 5 aspek kegiatan guru yaitu : a),  aspek bahan, b), aspek keaktifan , c), aspek presentasi internal, d), aspek presentasi eksternal dan e), aspek panel pakar.

Berdasarkan kreteria tersebut di atas, dari siklus I dan siklus II rata-rata skor menunjukkan peningkatan, dari rata-rata skor 70.50 ke skor 77.50. itu berarti upaya guru …….. dalam membuat soal sudah signifikan dan  mereka sudah sangat berupaya untuk bisa membuat tes yang layak.  Dalam siklus I ada  1 orang guru belum tuntas, maka dilanjutkan ke siklus II untuk menuntaskan sekaligus memberikan pengayaan bagi yang sudah tuntas.

Dari hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kualitas dengan hasil rata-rata kemampuan guru ……… dalam membuat soal  semester ganjil  dari rata-rata skor  69.10 menjadi skor 77.50 dengan peningkatan sebesar  10.7 %

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui  workshop dalam penyusunan soal Guru-guru …..  , telah berhasil membuat tes standar ( layak ) berdasarkan kreteria yang ditetapkan. Mudah-mudahan guru di ……. dalam melaksanakan Ulangan Akhir Semester, serta lainnya tidak lagi mengadosi soal yang ada ( bank soal).

Kata kunci : Pembuatan Soal  : Melalui Workshop

5 pemikiran pada “PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT SOAL MELALUI WORKSHOP DI ….

  1. Ping-balik: Arsip untuk PTS | tua dasius sitanggang blog'S

  2. Desa Petumbukan Galang

    3.SYAMSUL bAHRI
    trims .pak Jeperis saya tergugah dan berkeinginan melakukan PTS dengan membaca PTS bapak saya termotivasi untuk menyususn PTS untuk itu tolong kirimkan PTS tentang meningkatkan kemampuan guru dalam membuat soal melalui workshop nama saya Syamsul bahri jabatan Pengawas SD Kecamatan Beringin Kab. Deli Serdang sumatera Utara alamat Email : Syamsuldeliserdang@yahoo.co.id

  3. N.A. Suprawoto, Pengawas TK/SD Kec. Kebumen, Jawa Tengah

    Mohon bisa dikirim kepada saya contoh lengkap PTS-nya ke alamat saya: nasuprawoto@yahoo.com. Terima kasih Pak Jeperis, semoga selalu bisa memberikan banyak manfaat bagi kami. Amin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s