SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY…JANGAN LUPA BERDOA.

TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF

Salah satu faktor penghambat kemampuan dan keterampilan guru mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran adalah terkait dengan keterampilan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru-guru Fisika yang masih rendah.

Salah satu keterampilan PCK yang harus dimiliki guru adalah memahami karakteristik belajar  peserta didik dengan segala aspeknya, termasuk aspek-aspek psikologi terutama psikologi kognitif (Wenning, 2007).

Menurut Piaget, setiap individu mengalami tingkat perkembangan intelektual sbb:

(1) Sensori-motor (0 – 2 tahun);
(2) Pra-operasional (2-7 tahun);
(3) Operasional konkret (7-11 tahun); dan
(4) Operasi formal (11 tahun ke atas).

Setiap individu mempunyai urutan yang sama, tetapi dengan kecepatan masing-masing.

Perkembangan intelektual ini dipengaruhi oleh lima faktor, yaitu:

kedewasaan, pengalaman fisika, pengalaman logika-matematika, transaksi sosial,  dan proses ekuilibrasi

Untuk lebih lengkapnya silaahkan download di sini TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF. Jangan lupa tinggalkan pesan.

3 Desember, 2012 - Posted by | MaterI kuliah | , ,

1 Komentar »

  1. thanks atas shering mengenai teori perkembangan kognitif, untuk menabah pembelajaran saya. regards

    GPS Tracking

    Komentar oleh theo | 8 Februari, 2013


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: