CONTOH SOAL SELEKSI CALON KEPALA SEKOLAH

Seseorang disebut lolos dari seleksi calon kepala sekolah jika lulus  melalui berbagai tahapan seleksi. Tahapan Seleksi calon Kepala Sekolah tersebut adalah sbb:

1. Seleksi administrasi

2. Rekomendasi dari kepala Sekolah

3. Rekomendasi dari pengawas Sekolah

4. Tes Tertulis terdiri dari (Instrumen 1a, 1b, 2 dan 3)

5. Tes Penulisan makalah

6. Wawancara

Berikut contoh soal Instrumen 1a disebut “respon terhadap situasi A “untuk Calon Kepala Sekolah SD.

Petunjuk:

Saudara diminta untuk :

  1. Menelaah skenario situasi yang terdapat di dalam lembar instrumen ini dan mengidentifikasi satu situasi bermasalah yang harus segera diatasi.
  2. Menjabarkan tindakan yang akan diambil untuk dapat segera mengatasi masalah yang telah diidentifikasi.

Soal:

Skenario Situasi:

SD X merupakan suatu sekolah yang terletak di tepi jalan utama. Di depan pintu pagar sekolah, banyak terdapat penjual makanan yang sedang menjajakan makanannya.

Pada hari Senin, seperti biasa, para warga sekolah melaksanakan upacara bendera. Persis setelah upacara dilakukan, yaitu sekitar pukul 08.00 WIB, tiba-tiba satu per satu siswa SD X mengeluh tubuhnya lemas, sakit kepala, sakit perut dan hendak muntah. ‘ Awalnya cuma satu, tapi lama kelamaan makin banyak,’ kata Kepala Sekolah X

Sebelum kejadian, Kepala Sekolah melihat siswa-siswanya keluar pekarangan sekolah dan menyantap jajanan berbentuk daging olahan yang dijajakan pedagang di depan sekolah, padahal kebanyakan dari siswa tersebut sudah membawa makanan dari rumah masing-masing.

Respon :

Berdasarkan skenario situasi di atas, masalah yang harus segera diatasi adalah:

 

 

 

 

Tindakan yang dapat dengan segera mengatasi masalah tersebut adalah:

 

 

 

 

 

 

 Tindakan tersebut diambil dengan pertimbangan/alasan:

 

 

15 pemikiran pada “CONTOH SOAL SELEKSI CALON KEPALA SEKOLAH

  1. Muhammad Yani

    Berdasarkan skenario situasi di atas, masalah yang harus segera diatasi adalah: Bawa keruangan UKS
    Tindakan yang dapat dengan segera mengatasi masalah tersebut adalah: dibawak ke Puskesmas terdekat
    Tindakan tersebut diambil dengan pertimbangan/alasan: agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan

  2. Eni Pujiastuti

    Membawa siswa yang sakit , ke ruang UKS lalu diberikan minum air putih atau teh manis hangat , obat pusing dan diberikan kesempatan untuk beristirahat sementara . Bila sakit siswa tersebut belum juga berkurang, maka perlu dirujuk ke klinik atau rumah sakit terdekat. kemudian hari – hari berikutnya memberikan pengarahan pada siswa untuk makan makanan / jajanan yang sehat. kepada pedagang diberikan kesempatan berjualan di area sekolah / kantin sekolah.

  3. Siswa tidak diperbolehkan keluar pekarangan sekolah, cara mengatasinya pekarangan sekolah dipagar dengan benar kemudian pintu pagar apabila bel berbunyi dikunci dengan pertimbangan menjaga keamanan siswa baik dari segi lalu lintas,penculikan anak,kenakalan anak atau remaja masa kini, dan secara tidak langsung para pedangang tidak akan berjualan lagi.

Tinggalkan komentar